Lingkage program

Konfigurasi SAMBA Server

Posted on: December 13, 2006

Samba server bisa digunakan sebagai perantara berbagi sumber daya antara Linux dengan Microsoft Windows, katanya seh SO laen juga bisa, tapi yang udah aku coba cuma Linux – Windows. Sharing printer + file bisa dengan mudah dilakukan dengan tingkat keamanan yang relatip bagus, soalnya bisa dikasih username + password.

Okeh, Samba Server-nya udah ke-install di linux ku. Sekarang tinggal konfigurasi aja :

Edit file /etc/samba/smb.conf :

workgroup = Donfanie
Hanya melakukan perubahan dari workgroup = MYGROUP menjadi workgroup = Donfanie, itu akan berpengaruh ke nama workgroup yang akan ditampilkan nanti.

[Read-Only]
path = /mnt/coba_share1
public = yes
writable = no

[Full]
path = /mnt/coba_share2
public = yes
writable = yes

Tambahkan 2 blok di atas ke dalam file /etc/samba/smb.conf, itu artinya akan ada 2 direktori yang di-share, masing-masing ber-label Read-Only dan Full. Read-Only sebenarnya adalah sebuah link menuju direktori /mnt/coba_share1 yang bersifat read-only (writable = no), dan label Full sendiri merupakan link menuju direktori /mnt/coba_share2 yang bersifat writable (writable = yes).

Seberapa banyak direktori yang mau di-share di jaringan tinggal deklarasiin aja di file /etc/samba/smb.conf. Untuk konfigurasi Samba Server yang laennya seperti share printer, share direktori home dan yang lainnya bisa di-konfigurasiin semuanya di-file tersebut, silahkan otak atik semaunya.

Buat direktori yang akan di-share :

[root@acenux ~]# mkdir /mnt/coba_share1
[root@acenux ~]# mkdir /mnt/coba_share2

Di point yang pertama, aku deklarasiin akan ada 2 direktori yang akan di-share, so aku musti bikin 2 direktori itu dulu. Sebenernya aku juga sharring direktori home milik user dofa (/home/dofa) tapi karena direktori itu emang sudah ada, yah ga perlu lah aku buat direktorinya😀

Cek permissions direktori :

[root@acenux ~]# ls -l /mnt/
total 28
drwxr-xr-x 2 dofa dofa 4096 Oct 13 14:21 coba_share1
drwxr-xr-x 2 root root 4096 Oct 13 14:33 coba_share2
drwxr-xr-x 2 root root 4096 Oct 11 12:55 flash-disk
drwxrwxrwx 1 root root 4096 Oct 13 11:41 win-c
drwxrwxrwx 1 root root 12288 Oct 13 11:22 win-d

drwxr-xr-x

1 Response to "Konfigurasi SAMBA Server"

[…] Hello world! Konfigurasi SAMBA Server […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Order Xtrasize: Hi there, all is going well here and ofcourse every one is sharing facts, that's in fact fine, keep up writing.
  • chatroulette: I am curious to find out what blog system you're using? I'm experiencing some small security issues with my latest site and I would like to find s
  • 3:00 AM: Hello! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on. Any suggest

Categories

%d bloggers like this: